Apa yang Anda ketahui tentang
manajemen media massa? Kata menajemen memang sudah tak asing lagi bagi kita.
Bahkan, kata “manajemen” sering muncul dalam berbagai bidang, terutama dalam
suatu perusahaan. Manajemen memang menjadi bagian penting dalam suatu perusahaan
untuk melancarkan usaha dan memajukan perusahaan tersebut. Dalam pembahasan
kali ini, manajemen yang di maksud adalah manajemen media massa. Dengan belajar
manajemen media massa, kita mendapatkan banyak hal bagaimana cara mengelola
suatu perusahaan, khususnya perusahaan media massa.
Kembali ke topic yang akan di
bahas, kata manajemen memiliki banyak arti. Namun, menurut Bapak Albert Kuhon,
selaku dosen saya yang mengajar materi manajemen media massa, kata “manajemen”
memiliki pengertian “mengatur”. Maksudnya, dengan belajar manajemen kita dapat
belajar mengatur wartawan, karyawan, HRD, marketing, dan lain sebagainya.
Nah, dengan mengatur staff-staff,
karyawan, dan wartawan yang berada di bawah pipmpinan perusahaan, maka kita
dapat menjalankan dan mengelola perusahaan. Namun, dalam menjalankan dan
mengelola perusahaan tersebut harus melalui berbagai proses yang signifikan.
Kita harus berfikir secara jernih bagaimana caranya agar perusahaan yang kita
kelola dapat maju dan baersaing dengan perusahaan lainnya.
Satu langkah yang harus dilakukan
untuk memajukan perusahaan dalam pengelolaannya adalah dengan memasarkan media
massa. Dalam pemasarannya, strategi yang harus dilakukan oleh pihak marketing
adalah dengan memasang iklan. Iklan yang dipasang maupun ditayangkan harus
menarik, sesuai dengan norma, dan tidak bertentangan dengan hukum. Selain
memasang iklan, program acara juga perlu ditayangkan. Sama halnya dengan iklan,
program acara harus menarik dan tidak bertentangan dengan norma, serta sesuai
dengan minat konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar