Kampus Ku Untuk Indonesia Jaya

Kampus Ku Untuk Indonesia Jaya

Sabtu, 08 Februari 2014

ALIRAN SENI 1


ART NOUVEAU

I.  APA ITU ART NOUVEAU ?
Nama Art Nouveau diambil dari nama sebuah galeri untuk dekorasi interior yang dibuka oleh Siegfried Bing di Paris di tahun 1895 yang bernama “Maison de l’Art Nouveau”.
Art Nouveau adalah aliran seni rupa modern yang kaya akan ornamen & asimetrik yang identik dengan karakteristik tumbuhan yang berliuk-liuk.

Abad ke-20 merupakan masa yang subur bagi berbagai jenis seni rupa modern untuk berkembang, hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi dan pengaruh-pengaruh budaya baru (juga didukung oleh industrialisasi, kolonialisme, urbanisasi, dll.).Beberapa seniman menyambut teknologi dan mengakui kemampuan produksi mesin.
Sedangkan Art Nouveau sendiri muncul sebagai reaksi terhadap industrialisasi dan gaya mesin yang dianggap menghilangkan sifat manusiawi dalam seni dan pembuatan barang-barang kebutuhan manusia. Oleh karena itu ukiran dan ulir flora yang dibuat juga cenderung tampil ‘berlebihan’ untuk menekankan keterampilan yang sifatnya sangat emosional.Selain itu aliran ini juga percaya seni harusnya bekerja dalam harmoni untuk menciptakan sebuah ‘karya seni yang total’ atauGesamtkunstwerk.Gaya ini diaplikasikan dalam seni, arsitektur, tekstil, pakaian, perhiasan, furnitur serta perabot logam dan ilustrasi buku serta berbagai barang cetakan.

Pada awalnya gayaArt Nouveau dimaksud sebagai sebuah seni yang dapat dinikmati oleh orang kebanyakan (popular art) namun dalam kenyataannya lebih banyak diterapkan dalam seni dan barang-barang untuk konsumsi orang-orang kaya.

II.  CIRI-CIRI ART NOUVEAU
Art Nouveau digambarkan dengan :
      Garis-garis sensual dan cahaya halus
      Tokoh feminim dan rambut keriting
      Gaun
      Kurva Tumbuhan dan daun willow
      Gelombang memutar
      Rincian geometris dan warna-warni

Art nouveau adalah sebuah bentuk seni baru, gerakan artistic dan dekoratif asli yang diilhami oleh gagasan “seni total”.
Pada era Art Nouveau karya – karyanya memiliki gaya dekoratif tumbuh – tumbuhan yang meliuk liuk dan tidak kaku. Kurva – kurvanya merupakan kurva melengkung.Selain menggambarkan jenis flora art nouveau juga menggambarkan kecantikan wanita.Tidak hanya itu pada beberapa karyanya juga terdapat gambar hewan, ukiran dan ulir flora yang terdapat di art nouveau dibuat cenderung berlebihan untuk menekankan emosi yang ada.
Dibidang grafis dan seni rupa pola-pola desainnya mengadopsi bentuk wanita (muda) dan bunga penuh dengan garis-garis lengkung (undulating). Juga binatang binatang seperti capung dan kupu-kupu yang kebetulan sayapnya punya pola gambar yang sesuai dengan semangat gaya Art Nouveau.

Di bidang arsitektur, karya mereka seperti bukan didesain diatas meja gambar, tapi laksana tunas yang muncul sendiri dari permukaan bumi. Beberapa contoh yang amat terkenal didunia adalah Templo Expiatory de la Sagrada Familia ( Gereja Penebusan Dosa Keluarga Suci) di Barcelona (1883- dan sampai sekarang belum selesai)karya Arsitek Spanyol Antonio Gaudi. Kemudian karya arsitek Belgia Victor Horta, satu town house di Rue Americaine, Brussels(1898) yang sekarang dijadikan Museum Horta sejak 1969 .Arsitek Perancis Stephen Sauvestre yang membantu Gustav Eiffel membangun Menara Eiffel juga memberi sedikit sentuhan Art Nouveau pada menara tersebut (dibangun tahun 1887-1889)

III.  TOKOH-TOKOH ART NOUVEAU

1. Aubrey Beardsley (Inggris)

  •         Memiliki gaya seksual terbuka dan gelap dalam karyanya (dominasi warna hitam)
  •         Kontoversial dalam gerakan seni Nouveau
  •        Terinspirasi oleh karya-karya Jepang
  •         Meninggal usia 25 (Tubecolusis).

   Hasil Karya Aubrey Beardsley

          

Sir Bedivere, 1884                             Isolde


2. Gustav Klimt (Vienna)


  •      Terkenal dengan ornamen yang bagus, menggunakan corak daun emas.
  •      Lukisan erotis dan dekorasi yang lain menyembunyikan apa yang subjek lukisan lakukan    (sering berhubungan seks)
  •      Inspirasinya datang berbagai sumber sepanjang seni

     Hasil Karya Gustav Klimt


                   The Kiss, 1907-1908
              Karya terbaik Klimt, dua orang yang saling berciuman dikelilingi hiasan dekorasi yang indah
                    
                                   

3. Henri de Toulouse-Lautrec (Perancis)

      Lukisan dengan penggunaan warna yang beraneka ragam, posternya ekspresif
      Menderita banyak penyakit karena ada kawin sedarah dalam keluarganya
      Seorang alkoholis berat sehingga membuatnya meninggal pada usia 36 tahun


Hasil Karya Henri de Toulouse-Lautrec


                             Jane Avril, 1899
                              Ia adalah penari di Moulin Rouge, Paris.
            Avril terkenal melalui popularitas poster milik Henri de Toulouse-Lautrec

Ambassadeurs


IV.  PERKEMBANGAN ART NOUVEAU DI BERBAGAI NEGARA
INGGRIS
Inggris merupakan negara awal munculnya Revolusi Indurtri, yaitu pada sekitar abad ke 19 terdapat seorang seniman William Morris yang membuat wallpaper dengan Art Nouveau yang sangat khas. Dalam karyanya tersebut terdapat motif tumbuh – tumbuhan yang sangat kental.

 Karya nya tersebut dapat dilihat pada bagian Art & Craft Movement Salah satu karya awal Art Nouveau di Inggris lainya adalah desain mebel yang dituangkan oleh Arthur Mackmurdo dalam desain sebuah kursi pada tahun 1882. Pada karyanya ia menggunakan garis – garis lengkung dan pola – pola organik seperti tumbuhan.

PERANCIS
Banyak seniman – seniman yang berasal dari Perancis.Seperti misalnya Hector Germain yang membangun Metro Station.Ia menggunakan logam dan kaca dan menghias bagian lengkung dengan menggunakan besi tema dalam karyanya.

Karyanya tersebut merupakan salah satu karya dari Art Nouveau yang mengesankan karena memiliki lengkunG yang natural. Seniman lain asal Perancis adalah Alphonse Mucha yang membuat poster Job Cigarettes yang sangat terkenal.

Dalam karyanya Mucha menggunakan garis melengkung seperti cambuk, bunga, wanita dengan rambut panjang teruntai kebawah. Poster ini menggambarkan seorang actor perancis,Sarah Bernhardt yang ketika itu dibayar dalam produksi iklan. Poster Job Ciggarettes ini digunakan dalam perikalan rokok.

AUSTRIA
Di Austria seniman yang berkarya dengan gaya Art Nouveau adalah Gustav Klimt, ia melukis Klimt’s The Kiss pada tahun 1907-1908.

Ia memilih desain mosaick, garis-garis melingkar pada latar dan karakter 2 dimensi untuk mengekspresikan erotisme dan depresi. Seniman lainya adalah Hermann Obrist, August Endell

SPANYOL
 Antoni Gaudi seorang arsitek berkebangsaan spanyol, ia mendesain ulang bagian depan sebuah bangunan apertemen di barselona.

Ia menggunakan garis – garis melengkung, pilar – pilar yang terihat seperti tulang kaki memperlihatkan gaya Art Nuveau yang bercirikan organik.

AMERIKA
Di Amerika perkembangan Art Nouveau banyak ditemui pada desain – desain mangkuk ataupun vas.

Motif yang digunakan berupa garis – garis natural, ada yang berupa hewan katak (Magkuk minum Rookwood), atau ada juga Tiffany vase yang dibuat oleh Louis Comfort Tiffany yang menggunakan menggunakan bentuk tumbuh – tumbuhan yang dekoratif.

V.  PERKEMBANGAN DAN PENGARUH ART NOUVEAU DI INDONESIA
Dalam seni rupa Indonesia perkembangan Art Nouveau dapat di lihat dari lukisan – lukisan Raden Saleh.Lukisan – lukisan Raden Saleh sering menggambarkan binatang dengan sangat kuat.Tidak saja sebagai pendukung, namun juga menjadi identitas dalam menggambarkan nasionalismenya.Salah satu perkembangan Art noveau yang mempengaruhi desain di tanah air adalah desain mebel serta ukiran yang ada di Jepara. Desain pada kursi, meja ataupun sekedar hiasan dinding menggunakan ukiran – ukiran berupa tumbuh – tumbuhan, dengan sulur – sulur yang meliuk – liuk ini tanpa kita sadari bahwa Art Nouveau sendiri telah masuk ke Indonesia. Tidak hanya itu desain Interior ataupun eksterior (arsitektur) Art Nouveau juga hadir. Pengaruh Arsitektur dengan gaya Art Nouveau mulai di bawa oleh arsitek P.A.J. Moijen sekira tahun 1905. Gaya ini banyak dipengaruhi dari Eropa.Seni ini juga banyak di padukan dengan Art Deco yang dibawa oleh arsitek berikutnya.Salah satu tempat tersebut adalah pertokoan Braga di Bandung. Hingga kini gaya dari dari Art Nouveau itu sendiri sebenarnya sudah dekan dengan kita. Rumah – rumah dengan hiasan flora masyarakat kelas menengah ke atas merupakan contoh termudah mengenai pengaruh Art Nouveau yang besar dan hidup hingga sekarang.Dalam dunia fesyen tradisional ataupun modern batik ataupun kebaya merupakan karya seni dan identisas budaya Indonesia yang sudah sangat kita kenal.Apabila kita cermati, hiasan serta ornamaen kain – kain tersebut banyak menggunakan hiasan tumbuh – tumbuhan, entah itu sulur – sulur ataupun flora dan bunga – bunga.Ternyata tanpa kita sadari banyak benda –benda disekitar kita yang mungkin dipengaruhi dalam seni Art Nouveau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar