Kampus Ku Untuk Indonesia Jaya

Kampus Ku Untuk Indonesia Jaya

Kamis, 26 Februari 2015

ANALISIS FILM THANK YOU FOR SMOKING

Analisis Etika Komunikasi
Pada Film “Thank You For Smoking”
Etika komunikasi pada film “Thank You For Smoking” merupakan etika yang baik dan santun. Dalam film tersebut mengulas tentang bahaya rokok terutama bagi kaum remaja.  Pria yang bernama Nick Naylor yang kebetulan bekerja di perusahaan rokok meyakinkan bossnya untuk melarang keras remaja mengkonsumsi rokok, hal yang dilakukan ini untuk meningkatkan citra perusahaan dan meningkatkan penjualan rokok mereka.
Pada saat pertemuan pers, sang senator menyatakan kepada perusahaan rokok Amerika untuk menyertakan simbol Poison (racun) pada tiap-tiap bungkus rokok agar memberi edukasi terhadap remaja betapa berbahayanya dampak merokok yang ditimbulkan. Serta mengajak para industri tembakau besar untuk menghadiri sidang kongres untuk membahas pemakaian simbol Poison.
Dalam film ini terdapat isi pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak dan mampu membentuk opini di berbagai masyarakat. Dalam memainkan kata-kata, Nick Naylor sebagai tokoh utama dalam film tersebut berbicara selogis mungkin dengan memberikan contoh-contoh nyata yang bisa mempertahankan industri rokok sebagai industri yang legal dan wajar.
Sikap Nick Naylor terlihat berwibawa, memiliki kredibilitas tinggi dan selalu tampil percaya diri. Terlihat dari penampilannya yang rapi baik gaya berpakaian yang selalu menggunakan jas, kemeja, dan dasi serta tatanan rambut yang rapi. Nick merupakan pembicara yang berhasil dalam mempersuasi atau mengambil hati orang lain, baik dengan kata-kata yang persuasif, sikap maupun perbuatannya.
Pada saat Nick Naylor dalam situasi yang terpojokkan oleh pihak lawan, iya mampu bersikap dengan tenang. Namun, iya mampu mencari celah dari pihak lawan dengan pandai memutarbalikkan masalah dan menjatuhkan lawannya bahkan mencari kambing hitam sebagai pembelaan dirinya.
Selain pandai dalam berbicara, Nick tetap menjunjung tinggi etika, seperti tidak berlaku sewenang-wenang, tidak saling menjatuhkan satu sama lainnya, tidak memotong pembicaraan, dan menjadi pendengar yang baik ketika lawan berbicara. Oleh karena itu, dalam film “Thank You For Smoking” ini, etika komunikasinya sangat baik dan santun terutama pada tokoh Nick Naylor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar